Header Ads

Cari Desa Bekas IS, Milisi Kristen ini Ambil Barang Temuan

MILISI kristen Suriah menyisir kota sepi di dekat Tal Tamer, provinsi Al-Hasaka, timur laut Suriah Ahad (18/10). Tujuan mereka dalam melakukan pencarian tersebut adalah, untuk mencari desa yang telah ditinggalkan pasukan Daulah (IS). Yang seminggu sebelumnya IS menarik diri dari wilayah tersebut.

Pada siang hari milisi kristen memecahkan jendela dan menendang pintu yang ada. Bukan hanya itu saja, mereka juga telah mengambil barang yang mereka temukan. Seperti halnya peralatan rumah tangga, pakaian, botol gas, televisi, dan mesin kopi. Tiga milisi kristen ini juga mengangkat mesin cuci ke belakang sebuah truck pickup.

Dalam hal ini para Militer Dewan Suryani (MFS), Sutoro, dan Khabour yang melakukannya. Milisi Suryani sendiri merupakan bagian dari Administrasi Otoritas Kurdi. Yang bekerja sama dengan para pejuang kurdi dalam mengontrol timur laut Suriah. Walaupun MFS sendiri sebenarnya sudah membubarkan diri pasca komandan mereka menjadi korban pembunuhan.

Komandan umum Sutoro, Ashur Abu Sarkun menghatakan bahwa, pasukannya tidak menginginkan kekerasan karena mereka hanyalah kristen sekuler.

"Kami tidak memiliki semangat perlawanan, kami Kristen sekuler - kita tidak suka kekerasan." ujarnya.

Kota sepi ini disinyalir bahwa, ada sekitar 100 keluarga yang tinggal di kota tersebut. Sebelum anggota IS pada akhir Februari menguasai kota yang di dominasi kristen ini.


Penulis: Andrean
Sumber: middleeasteye

No comments

Powered by Blogger.