Header Ads

Apa yang dipertaruhkan Rusia Di suriah ??!



Sohafi.com (21/9/2015).Menteri pertahanan AS Ashton Carter dan menteri pertahanan Rusia Sergei Shogun telah mengadakan pembicaraan pertama mereka untuk membahas konflik di Suriah.

Panggilan telepon antara dua menteri pertahanan tersebut yang berlangsung poada hari jumat, media Rusia mengatakan pangggilan itu membuktikan bahwa kedua belah pihak memiliki kesamaan, sedangkan Pentagon mengatakan para menteri membahas bagaimana AS dan Rusia menghindari kesengajaan bentrok di Suriah.

Rusia melaporkan peningkatan kehadiran militer di suriah telah menimbulkan kekhawatiran bagi AS dalam beberapa waktu.

Apa yang menentukan sikap moskow pada suriah.?

Pertama dan yang terpenting adalah masalah keamanan. Kremlin khawatir bahwa jatuhnya Presiden Bashar Assad akan membawa Islam radikal berkuasa di  Suriah dan gerilyanya menyebabkan destabilisasi lanjut di Timur Tengah dan akibatnya mepengaruhi wilayah muslim Rusia.

Kepentingan ekonomi dan militer Rusia juga berperan, namun kepentingan mereka adalah sekunder. Ambisi untuk memperluas jangkauan angkatan laut rusia berarti Moskow perlu untuk menjaga titik pasokan di Tartus, sementara perusahaan energy Rusia tertarik dengan cadangan minyak dan gas hiportetis sepanjang garis pantai Suriah.

Untuk alasan ini , moskow ‘’master plan’’ adalah untuk menjamin kelangsungan hidup rezim Assad, dan laporan terbaru dari keputusanya untuk menigkatkan dukungan militer ke Damaskus seharusnya tidak menjadi sebuah kejutan.

Pendekatan apa yang telah Rusia lakukan dengan suriah.?

Pada bulan juni 2015, Moskow mengkonfirmasi dukungan untuik suriah, presiden putin mengatakan bahwa kremlin siap bekerja dengan assad untuk memastikan tranformasi politik, sehingga semua warga suriah memiliki akses ke alat alat kekuasaan.

Dalam lapisan ini, kremlin telah mengaadopsi pendekatan dua jalur, di satu sisi itu adalah mengintensifkan dialog dengan masyarakat internasional di suriah. Sementara itu, menigkatkan volume dan kualitas pasokan militer untuk rezim suriah dan memastikannya agar bertahan cukup lama untuk kremlin  mencapai terobosan deplomatik.

Apa arti penting dari pembicaraan antara Mr Carter dan Mr Shoigu.?

Telepon ini, di prakasai oleh pihak Rusia, menunjukkan bahwa Moskow tidak ingin meningkatkan kontrofersi dengan barat atas Suriah melampaui tingkat saat ini tanpa alasan.

Saat ini, pihak berwenang Rusia melakukan yang terbaik untuk memperjelas posisi mereka dan meredakan kekhawatiran barat. Sebagian dari langkah-langkah yang mungkin membangun kepercayaan mereka bahkan menawarkan negosiasi pada Suriah dan antara departemen AS dan kementerian pertahanan Rusia. Panggilan Mr Shoigu untuk Mr Carter bisa menjadi langkah pertama untuk menerapkan inisiatif ini.


No comments

Powered by Blogger.