Header Ads

Ezidis Melarikan Diri Dari Jajaran Gunug Sinjar


Sohafy, Irak -  Komandan Peshmerga di distrik Sinjar Mosul mengatakan, sekitar 500 Ezidis telah meletakkan sanjata mereka dan telah diterakpan untuk bergabung kepada kelompok PKK pada hari Rabu.

"Ezidis bergabung Peshmerga dan akan dilatih militer di Bendungan Mosul," Ujar Kasim Seso Anatolia Badan

Ia menekankan, bahwa misi menghapus PKK dari Sinjar akan terus dilanjutkan, Seso menambahkan "Langkah pertama adalah untuk memastikan bahwa Ezidis meletakkan senjata mereka dan menjauhkan dukungan dari militan Ezidis, mendapatkan organisasi keluar dari Sinjar akan lebih mudah."

"Mereka yang bergabung dengan Pashmerga akan menyesal dan mereka akan mengatakan bahwa mereka ditipu oleh PKK," tegasnya.

Ia mengatakan, PKK bersikeras tinggal di Sinjar meskipun panggilan dari Pemerintah Kurdi setempak memerintahkan untuk pergi. Ia menambahkan bahwa semua Ezidis diharapkan untuk meninggalkan kelompok teror dalam beberapa minggu. Ketika kelompok ISIL menyerang Ezidis pada bulan Agustus 2014 lalu, PKK mendirikan sejumblah besar kamp-kamp militer di kawasan itu terutama di gunung Sinjar.

PKK terdaftar sebagai kelompok teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa. Hal ini telah melakukan kampanye teror terhadap Turki selama lebih dari 30 tahun, di mana lebih dari 40,000 orang telah tewas.

Karena pada bulan Juli 2015, kelompok tersebut melanjutkan kampanye bersenjata. Yang mengakibatkan lebih dari 1.200 orang, termasuk personil keamanan dan warga sipil tewas.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/europe/187837/ezidis-of-sinjar-fleeing-pkk-ranks-peshmerga-commander

No comments

Powered by Blogger.