Header Ads

Tillerson Akan Melewatkan Pertemuan Dengan NATO Bulan Depan


Sohafy, AS - Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson akan melewatkan pertemuan dengan NATO pada bulan April, tapi perjalanan ke Rusia akan tetap pada bulan yang sama, kata para pejabat, Selasa. Karena hal tersebut ditakutkan akan memicu kekhawatiran tentang komitmen Washington untuk aliansi.

Pemimpin Cina Xi Jinping diperkirakan akan mengunjungi Trump di resor golfnya yang berada Florida pada beberapa titik di awal April, dan Tillerson akan diharapkan untuk hadir. Namun para pejabat Departemen Luar Negeri tidak memberikan penjelasan publik atas keputusannya untuk melewati Brussels.

Sebaliknya, mereka bersikeras Tillerson dalam hal apapun akan memenuhi sebagian besar menteri luar negeri dari aliansi militer 28 negara di Departemen Luar Negeri di Washington pekan ini pada pertemuan koalisi dalam memerangi kelompok Negara Islam.

"Dia sudah bertemu dengan pejabat dari Ukraina. Setelah konsultasi ini dan pertemuan, pada bulan April ia akan melakukan perjalanan ke pertemuan G7 di Italia dan kemudian ke pertemuan di Rusia," kata seorang pejabat senior AS.

Di Brussels, Amerika Serikat akan diwakili oleh Tom Shannon, yang mendaapat peringkat tertinggi atas karir diplomat yang tersisa di Departemen Luar Negeri dari pemerintahan sebelumnya dan wakil bertindak Tillerson ini.

Setelah hampir dua bulan di pekerjaan, Tillerson belum menunjuk seorang wakil atau asisten sekretaris dan dia telah mengadopsi sikap low-profile, menghindari acara-acara publik dan pers dan bekerja dengan lingkaran kecil dalam penasihat.

Sementara itu, administrasi telah berjuang untuk menegaskan kembali komitmen aliansi militer Washington - termasuk NATO - setelah Trump dipertanyakan kegunaannya selama kampanye.

Baru minggu lalu - setelah bertemu Kanselir Angela Merkel di Gedung Putih - Trump berkicau di Twitter untuk mengklaim bahwa Jerman berutang "sejumlah besar uang untuk NATO dan Amerika Serikat," ia kembali menghidupkan tuduhan bahwa sekutu AS tidak membayar dengan cara mereka.

Reporter : Eno Aldi
Sumber   : http://www.worldbulletin.net/europe/186623/tillerson-to-skip-nato-meeting-next-month

No comments

Powered by Blogger.