Header Ads

Raja Salman Bin Abdul Aziz Akan Meninjau Keamanan Haji



SOHAFY.NET,  Mina- Raja Salman Bin Abdul Aziz turut berbelasungkawa terhadap korban tragedi di Mina. Tragedi desak desakan di Mina telah memakan korban 717 yang tewas dan 863 luka

Beliau menyampaikan lansung rasa kehilangannya melalui sebuah pidato yang disiarkan lansung televisi lokal pada Kamis 24 September 2015 waktu setembet. Raja Salman Bin Abdul Aziz memerintahkan kepada pihak berwenang untuk menyelidiki tragedi di Mina dan memberikan hasil secepat mungkin.

"Saya turut beduka cita atas tragedi di Mina" Raja Salman juga menambahkan "Saya telah memerintahkan peninjauan terhadap perencanaan penanganan haji tersebut, secepatnya menyelidiki insiden menyedihkan yang menewaskan 717 orang dan melukai 863 orang di perempatan Jalan 204 di Mina -- beberapa kilometer sebelah timur Mekah," kata Raja Salman seperti dikutip dari Al Arabiya,Jumat (25/9/2015).

Raja Salman juga memerintahkan peninjauan keamanan untuk haji. Setelah kejadian memilukan terjadi di Mina saat tragedi lempar jumrah,beberapa kilometer sebelah timur dari Makkah.

Pada konferensi pers sebelum Magrib, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saudi, Mayjen Mansour al-Turki mengatakan, jalan lokasi terjadinya musibah dipenuhi para jemaah.
"Tingginya jumlah jemaah di Mina saat itu belum pernah terjadi sebelumnya, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Mansour al-Turki.

Mansoer al-Turki mengungkapkan, penyelidikan yang dilakukan dalam tragedi di Mina juga termasuk penyebab kepadatan tak biasa para jemaah yang berkumpul di lokasi tersebut.
"Alasan terkait hal itu belum diketahui," kata Mansoer al-Turki dalam konferensi pers di Mina.
"Tingginya jumlah jemaah di Mina saat itu belum pernah terjadi sebelumnya, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," tambahnya.

Sementara itu, Gedung Putih pada Kamis kemarin juga telah menyampaikan belasungkawa setelah insiden terinjak-injak tersebut.

Dikutip dari: al arabiya

Penterjemah: Syafei Irman

https://english.alarabiya.net/en/News/middle-east/2015/09/24/Saudi-King-Salman-orders-review-of-Hajj-plan-after-deadly-stampede-.html


No comments

Powered by Blogger.