Header Ads

Teruntuk Donald Trump : Surat Dari Afganistan


'Jika Amerika bisa melawan, juga dapat membawa perdamaian. Amerika bisa memainkan peran yang lebih baik dalam membawa perdamaian  dari pada perang' pernyataan
 Azra Jafari: Mantan walikota Nili di provinsi Daikundi; hak-hak perempuan advokasi di Afghanistan dan AS.

Nama saya Azra Jafari. Saya adalah wanita pertama Afghanistan untuk melayani sebagai walikota di negara saya; posisi saya ditahan selama lebih dari lima tahun
dari September 2008 sampai Desember 2013.Orang bertanya apakah saya benar-benar ingin posisi, dan mengingatkan saya bagaimana sulit dan berbahaya pekerjaan akan
bagi seorang wanita. Pada akhirnya, mereka menyadari betapa serius dan ditentukan saya dan memilih saya untuk posisi itu.

Bahwa seorang wanita bisa melayani berhasil di posisi eksekutif penting di Afghanistan mungkin hanya karena kehadiran AS yang kuat.

Di bawah pemerintahan Taliban, perempuan tidak diizinkan untuk menghadiri sekolah atau bekerja. Kita tidak bisa pergi ke rumah sakit atau wisata. Kita harus mengenakan burqa.

Aku tahu bahwa keputusan Amerika mengenai keterlibatan politik dan militer di masa depan di Afghanistan akan berdampak langsung terhadap hidup saya, serta kehidupan jutaan perempuan Afghan lainnya.

Ketika Taliban digulingkan, kami telah memperbarui harapan untuk negara kita. Saya menikah dan memulai sebuah keluarga, belajar dan menjadi seorang bidan, membantu dalam kelahiran lebih dari 250 bayi.

Saya menjadi positif dan berharap bahwa anak saya akan tumbuh dan bersekolah di negara asalnya. Saya juga berharap dia akan tumbuh menjadi bangga menjadi
Afghanistan dan merasa aman di negara asalnya.

Sebagai kehadiran AS telah berkurang di Afghanistan, Taliban telah bangkit lagi, bersama dengan Negara Islam. Sayangnya - menakutkan - setelah 15 tahun,
 ketakutan lama telah kembali mengancam saya dan anak-anak saya, dan semua wanita dan ibu-ibu di negara saya.

Para ibu dan anak-anak dari Afghanistan sekali lagi menghadapi mimpi buruk yang mengerikan seumur hidup dari perang.

Akan kita kembali ke pembatasan dan represi ditempatkan pada masyarakat? Akan teroris dan ekstremis sekali lagi mencegah wanita dari melayani di pemerintahan dan polisi bangsa kita?

Jawabannya, jika Taliban, atau ISIL, atau beberapa kelompok teroris take hold lain dari Afghanistan, adalah ya.

Konsekuensi dari tindakan Amerika di masa depan akan mempengaruhi kehidupan orang lain di seluruh dunia, seperti yang mereka lakukan pada 1990-an,
ketika Amerika Serikat dan negara-negara lain memungkinkan Taliban mengambil alih negara saya setelah perang sipil kita.

Amerika dan mitra internasional lainnya telah mengorbankan banyak untuk rakyat Afghanistan, yang sejauh ini membuat kemajuan yang signifikan dalam bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi, promosi toleransi, dan konstitusi menangani hak-hak semua warga Afghanistan, terutama perempuan.

kemajuan negara saya, bagaimanapun, dan keberadaannya, berdiri sangat terancam oleh pasukan bergegas untuk mengisi kekosongan kekuasaan yang ditinggalkan oleh sekutu kami.

Pesan saya kepada presiden baru Amerika Serikat adalah ini: Tahan tangan anak-anak kita, dan tidak mengizinkan kengerian Aleppo terulang di Afghanistan.

Jangan biarkan Hazara dari Afghanistan mengalami kengerian Yazidi di Irak.

Afghanistan berusaha untuk berdiri, tapi kita tidak bisa berdiri sendiri. Kami membutuhkan Anda untuk berdiri kuat bersama kami sehingga kami dapat lebih meningkatkan perekonomian kita, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan pelatihan polisi profesional dan tentara untuk membela kita.

Semua ini akan, pada gilirannya, mendukung generasi kedua dari Afghanistan yang berpendidikan dan bertekad untuk memimpin jalan di masa depan.

Amerika, berdiri dengan kami dan Afghanistan akan meningkat sebagai model kebangsaan damai.

Reporter : Eno Aldi
Sumber  : http://www.aljazeera.com/indepth/features/2017/01/dear-donald-trump-letters-afghanistan-170120114322347.html

No comments

Powered by Blogger.