Header Ads

Pengunkapan Bencana Serius Bagi Pengungsi Suriah Di Yordania

Sohafy, Yordania- Mentri Kesehatan Yordania, Mahmud Al Sayyab senin kemarin meperhitungkan, akan penyebaran penyakit kangker diantara pengungsi Suriah, 6,4 % terjangkit dari total pengungsi yang berada di wilayahnya.

Kantor berita Al Anadolu melaporkan, "Pengurus suaka Suriah, menekan kepada sektor kesehatan secara umum. Seperti Pelayanan puskesmas dan rumah sakit khususnya, terutama di propinsi utara, karena padat dengan pengunsi Suriah," tutur Sayyab.


Ia menambahkan "Beban pada kesehatan masyarakat dari wilayah kami dari pengungsi Suriah' adalah biaya yang sangat tinggi, diperkirakan sekitar 271 juta dinar (381 juta dolar) per tahun, dengan total biaya diperkirakan lebih dari satu miliar dan setengah miliar dinar ($ 2.110.000.000) sejak adanya suaka  Suriah awal  2012. "

Dari pengakuan Sayyab, bahwa jumlah pengungsi Suriah yang menerima pelayanan kesehatan di rumah sakit kementrian, dari sejak awal 2012 sampai Agustus 2016, mencapai lebih dari 630 ribu, dari 59 ribu kasus melahirkan dan kelahiran prematur, dan jumlah kasus oprasi sekitar 14 ribu. sedangkan jumlah rujukan dari pukesmas mencapai 1,08 juta rujukan.

Yordania adalah rumah bagi satu juta tiga ratus empat puluh warga suriah, hampir setengah nya terdaftar sebagai pengunsi di catatan pengungsi  Komisi Tinggi PBB. Sementara tujuh ratus lima puluh ribu diantaranya memasuki pra-kritis, disebabkan keturunan, perkawinan, dan hubungan perdagangan.

Reporter : Aliga Romli
sumber: Eldorar Alshamia

No comments

Powered by Blogger.